THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 25 Maret 2011

KEUNGGULAN SISTEM TELEKOMUNIKASI DIGITAL DARI ANALOG


Salah satu keunggulan sistem telekomunikasi digital didandingkan analog
 adalah  dalam hal kemampuan mengatasi noise yang terjadi  pada kanal
telekomunikasi.  

Keunggulan lain sistem telekomunikasi digital:
  • Kemudahan Multipleksing   :  dibandingkan dengan pengaplikasian TDM terhadap sinyal analog, teknik digital memiliki keunggulan dalam hal reliabilitas terhadap gangguan (noise), distorsi, dan interferensi lain. Degradasi sinyal akibat beberapa faktor gangguan tersebut di atas dapat diatasi dengan kemampuan teknik digital melakukan regenerasi sinyal, suatu teknik yang tidak dapat diaplikasikan terhadap sinyal analog. 
  • Kemudahan Persinyalan :        sistem transmisi digital dengan mudah dapat diperbaharui tanpa mempengaruhi sistem persinyalan. Informasi tersebut dapat digabungkan ke dalam jalur transmisi digital bersama-sama dengan informasi kendali TDM yang dengan mudah dapat diidentifikasi sebagai kanal kendali komunikasi.
  • Integrasis Sistem Transmisi dan Switching:  dengan mengintegrasikan TDM dalam perangkat penyambungan.
  • Regenerasi Sinyal:    sinyal suara dalam  sistem digital di ubah dalam bentu diskrit dengan melibatkan sistem konversi analog selanjutnya diubah dlm bentuk biner Ketika ditransmisikan, setiap digit biner direpresentasikan oleh satu dari kemungkinan nilai sinyal (misalnya pulsa atau tanpa pulsa, pulsa positif atau pulsa negatif). Jika hanya mengalami sedikit gangguan atau interferensi atau distorsi selama proses pengiriman data, maka data biner di penerima akan identik dengan urutan digit biner yang dibangkitkan oleh proses enkoding.
  • Kemudahan Enkripsi :  kemudahan proses enkripsi dan deskripsi merupakan fitur ekstra dari sistem komunikasi digital. Sebaliknya, sinyal suara analog sangat sulit untuk dienkripsi sehingga sangat mudah untuk disadap pada jalur komunikasi.
  • Pemrosesan Sinyal Digital :  Pemrosesan sinyal digital diartikan sebagai proses operasi yang dilakukan pada sebuah sinyal untuk memanipulasi atau mentransformasi karakteristik-karakteristiknya.

0 komentar: